MANFAT DAGING DOMBA

Manfaat Daging Domba
======================





Domba merupakan hewan yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan masih satu kerabat dengan kambing. Sama seperti kambing, daging domba juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pangan. Namun, saat ini daging kambing lebih banyak dikonsumsi karena alasan harga dan juga minimnya peternak yang menernak domba.


Secara fisik, domba sebenarnya hampir mirip dengan kambing. Hanya saja, domba memiliki bulu super tebal. Bulu domba inilah yang kemudian diolah menjadi kain wool. Selain bulunya, daging domba biasanya diolah menjadi aneka olahan seperti kebab, barbeque, sate dan gulai.

Dari segi rasa, daging kambing memang dinilai lebih nikmat karena lebih beraroma. Namun, khasiat yang ada pada daging domba tidak kalah banyak jika dibandingkan dengan khasiat pada daging kambing. Bahkan, khasiat antara dua jenis daging ini hampir sama karena memang kandungan di dalamnya tak jauh beda. Adapun khasiat dan manfaat daging domba antara lain :
1. Sumber energi

Salah satu khasiat daging domba yang banyak diincar adalah sebagai sumber energi. Setiap 100 gram daging domba mengandung sekitar 206 kkal. Jumlah kalori ini cukup untuk mencukupi 20% kebutuhan energi harian. Oleh karenanya, mengkonsumsi daging hewan ini dapat membantu memberikan kekuatan tubuh serta menghindarkan dari kepayahan.
2. Membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh dikontrol oleh enzim yang diproduksi hati. Kekurangan protein membuat kinerja enzim tersebut menurun sehingga berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh untuk melawan zat toksik. Padahal, jika sistem kekebalan tubuh melemah, tubuh akan sangat rentan terserang penyakit.
3. Membentuk dan menambah massa otot

Manfaat lain dari protein yang terkandung dalam daging domba adalah untuk membentuk dan menambah massa otot. Hal ini dikarenakan protein memiliki andil dalam pembentukan jaringan baru serta meregenerasi sel-sel yang telah rusak. Oleh karenanya, daging domba juga sangat baik bagi Anda yang memiliki aktivitas berat.
4. Meningkatkan stamina

Daging domba termasuk dalam daging merah yang kaya akan protein. Bahkan, kandungan di dalamnya lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan protein pada udang windu. Setiap 100 gram dagingnya mengandung sekitar 17.1 gram protein. Protein dalam kadar ini lebih dari cukup untuk meningkatkan stamina dan memberikan kekuatan pada tubuh.
5. Menjaga kesehatan dan menguatkan tulang

Manfaat daging domba lainnya adalah untuk menjaga kesehatan dan menguatkan tulang. Hal ini berkaitan dengan kandungan kalsium di dalamnya yang cukup tinggi. Setidaknya, setiap 100 gram daging domba mengandung sekitar 10 mili gram kalsium.

Tak hanya kalsiumnya saja yang mampu menjaga kesehatan tulang, kandungan fosfor dalam daging hewan ini juga terbilang tinggi. Setiap 100 gram berat daging mengandung sekitar 1,91 mili gram fosfor. Jumlah ini lebih dari cukup untuk mencegah terjadinya osteoporosis.
6. Mencegah terjadinya anemia

Kandungan kobalamin atau vitamin B12 dalam daging domba dipercaya mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Oleh karena itu, mengkonsumsi olahan domba dipercaya mampu mencegah dan menghilangkan gejala yang menyertai anemia seperti lemah, lesu, letih, pucat dan juga pusing.
7. Menagkal radikal bebas

Kandungan selenium pada daging domba mampu memberikan manfaat antioksidan dalam tubuh. Adapun manfaatnya yang paling besar adalah untuk menangkal radikal bebas sehingga menghindarkan sel dan DNA dari kerusakan.
8. Menjaga kesehatan syaraf

Selain mengandung vitamin B1, daging domba juga mengandung vitamin penting lain seperti halnya vitamin B2. Kandungan vitamin B2 inilah yang memiliki berbagai khasiat penting bagi tubuh. Salah satu diantaranya adalah untuk menjaga ketahanan dan kesehatan syaraf. Kinerja vitamin B2 ini juga didukung oleh kinerja vitamin B12 atau yang biasa disebut sebagai kobalamin.
9. Membantu proses oksidasi

Siapa yang bilang jika daging merah tidak mengandung vitamin? Buktinya, daging domba memiliki kandungan vitamin B1 meskipun dalam porsi kecil dalam 100 gram dagingnya mengandung sekitar 0,15 mg. Jumlah yang tergolong kecil ini mampu membantu proses oksidasi dan menambah ketahanan tubuh terhadap penyakit.
10. Mampu meningkatkan kolestrol baik

Mungkin Anda sudah sering mendengar jika daging domba memiliki kolesterol tinggi. Tapi, Anda perlu tahu bahwa kolesterol yang ada pada hewan ini merupakan jenis kolesterol baik HDL. Kolesterol baik inilah yang kemudian mampu meiawan keberadaan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Komentar